Powered By Blogger

Jumat, 10 Agustus 2012

Musikalisasi Tangga Nada Karo


Musikalisasi Tangga Nada Karo



Dulu tidak sengaja penulis menjumpai sebuah liputan di televisi pemerintah yang mengulas mengenai sebuah peradaban kuno di China. Cukup mengejutkan, karena suku terkait memiliki identitas yang sama persis dengan suku Karo di Sumatera Utara, hanya saja kemudian penulis lupa dalm acara apa dan kapan liputan tersebut ditayangkan. Mulai dari pakaian pria yang memakai Bekabuluh dan Bulang – Bulang serta pakaian wanita yang berTudung dan berhiaskan Emas – mas hingga bentuk rumah adat panggung empat sisi serta permainan nada – nada minor yang seolah – olah sedang menyanyikan tangis – tangis. Keterkaitan tersebut menyebabkan sebuah pertanyaan mendasar, apa mungkin orang Karo yang ditenggarai berasal dari ras Proto Melayu, adalah suku yang bernenek - moyangkan dari orang China tersebut? Dari sebuah penelitian dan wawancara singkat, berhasil didapatkan sekilas mengenai musikalisasi tangga nada Karo yang cukup identik dengan tangga nada China.
Pada dasarnya nada – nada Karo sama dengan tangga nada yang dimiliki orang orang China, dalam hal ini adalah tangga nada Pentatonic, yang terdiri dari 5 nada. Tangga nada pentatonic China terdiri dari lima nada yaitu do, re, mi, sol, la (minus fa dan si). Tangga nada pentatonic Mayor (M) Karo kemudian sama dengan nada pentatonic China namun nada dasarnya diawali nada sol, jadi tangga nada pentatonic Karo adalah sol, la, do, re, mi. Tangga nada pentatonic minor (m) China adalah la, si, do, mi, fa. Sedangkan nada pentatonic Karo adalah mi, fa, la, si, do. Dengan kata lain, perbedaan nada dasar pentatonic Karo diawali oleh nada keempat dari tangga nada China. Keterkaitan yang cukup menarik adalah samanya tangga nada Sunda dengan China, yang identik (sama persis), perbedaan diantaranya hanya terletak pada variasi dalam permainan musiknya.
Variasi ending musik Patam – patam Karo memiliki kekayaan dalam style bermain sehingga seorang pemain keyboard dapat memiliki beragam koleksi variasi patam / style / program Karo, yang kemudian tidak membosankan penonton dalam acara guro – guro aron. Akan tetapi, semua variasi patam akan dimulai dari nada ketiga (mi) yang kemudian dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan. Patam keyboard pada masyarakat Karo tempo dulu tidak dikenal, ditenggarai karena komposisi musik tradisional Karo (ensambel gendang lima sedalanen) berjalan dengan sangat lambat, dikarenakan lead sarune(sangat mewajibkan kemampuan bernafas yang prima dari seorang penarune) bermain di tempo lambat. Musik modern Karo yang dimainkan dengan keyboard diperkenalkan kemudian oleh salah satu maestro musik petik Karo, Djasa Tarigan. Beliau memulai mencoba memprogramkan musik tradisional Karo ke dalam keyboard type KN buatan Technics pada tahun 1984. Pada tahun 1990 – an awal kemudian baru musik keyboard Karo menjadi tren di kalangan orang Karo. Selain pembiayaan yang lebih murah dibanding dengan menyewa satu set lengkap ensambel gendang lima sedalanen, seorang pemain keyboard dapat lebih mudah mengkombinasikan patam – patam maupun odak – odak dengan lagu yag lebih populer maupun sedang ngetrend. Hal ini kemudian melahirkan generasi seperti Parlin Ginting, Marjoni Perangin – Angin, Sakti Sembiring, Hendro (Jazz) Sembiring. Meski kalah pamor dibanding pemain keyboard, tetapi si – erjabaten tradisionil Karo seperti Sorensen Tarigan, Ismail Bangun, serta para maestro Djasa Tarigan, Wardin Ginting, (alm.) Tukang Ginting dan (alm.) Stasion Tarigan pun pasti tidak akan pernah dilupakan.
Special Thanks:
Novrendo Malbreba Malau, atas wawancara singkat dan atensinya mengenai musik Karo.
Endi Bastanta Sinuraya, yang sedang galau mengenai perkembangan musik modern dan pop Karo yang “meracuni” generasi sekarang.

4 komentar:

  1. Mantap bang...teringet alm wardin Gtg sangana i sanggar kembaren group medan.tambahindu tole mengenai artis karo..bujur melala

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bujur melala ibas masukken ndu Bang...enda paksana kuliah denga aq i Jogja kap Bang...adi mulih pagi aq ku medan pasti ku sempatken wawancara ras seniman2 Karo nca pasti q bagiken via blog enda bg..bujur melala aBaang,sentabi aq e denga q balas aBaang
      Mejuah2..

      Hapus
    2. banci pindo Tangga nada pentatonic odak2 senina

      Hapus
    3. Sentabi e denga ku balas Bang...Sklenda ku darami lebe yhaa Bang...adi nggo kudat ku kabari kam Bang:)

      Hapus