Powered By Blogger

Jumat, 29 Juni 2012



DESKRIPSI INSTRUMENT MUSIK TRADISIONAL KARO

Penggolongan musik menurut jenis, bentuk,serta cara memainkan alat musik tersebut dapat digolongkan seperti di bawah ini.
  1. Alat musik tiup
  2. Alat musik pukul
  3. Alatmusik petik
  4. Alat musik gesek

  I. Alat musik tiup:
  1. Sarune
  2. Surdam
  3. Balobat
  4. Pingko pingko
  5. Embal embal

 II. Alat musik yang dipukul:
  1.  Keteng keteng
  2. Mangkok
  3. Gung
  4. Penganak
  5. Gendang
  6. Gendang pendua duai
 III. Alat musik yang di petik
  1.  Kulcapi  

 IV. Alat musik yang di gesek

1.  Murdab
 2. Tali bengkuang.
Pada masyarakat karo ada dua buah ansamble musik yaitu;  Gendang telu sedalanen lima sada perarih dan Gendang Keteng - keteng.

1. Ansamble musik Gendang telu sedalanen  lima sada perarih,mempunyai  lima buah alat musik yaitu;
  1. Sarune
  2. Gendang anak
  3. Gendang indung
  4. Gung
  5. Penganak.
Yang memainkan alat musik ini  berjumlah lima orang, mereka ini disebut SIERJABATEN.  Sierjabaten  pasa masyarakat Karo artinya yang mempunyai tugas tertentu atau talenta.   Sierjabaten yang di maksud adalah yang mempunyai tugas tertentu.  Secara garis besar mempunyi talenta,  ada yang ahli dalam musik , ahli membuat rumah. Ahli membaca situasi, semuanya ini di namakan si erjabaten.  Sierjabaten dalam pemusik Karo tergolong di dalamnya;  penggual (yang memukul gendang), penarune( yang meniup sarune), simalu gung(yang memukul gung), simalu penganak (yang memukul penganak).    Biasanya pemusik Gendang telu sedalanen Lima sada perarih, di undang dan dikasi upah ( sabat sabat  namanya ) berupa
1         garam untuk pemusik sarune
2         beras untuk pemukul gendang anak
3         ayam untuk pemukul gendang indung
4         sedikit uang untuk simalu gung

2. Gendang keteng keteng
Gendang keteng keteng mempunyai alat musik yang berjumlah  empat buah yaitu;
  1. Kulcapi/surdam/balobat.
  2. Keteng keteng  dua buah
  3. Mangkok satu buah
Alat musik ini dimainkan oleh  empat orang pemusik,1  perkulcapi( yang memetik kulcapi),  perketeng keteng ( yang memainkan alat musik keteng keteng) simali mangkok( yang memukul mangkok) juga mereka ini di sebut sierjabaten.  Pemusik ini biasa di panggil untuk upacara erpangir kulau, dan upah (sabat sabat) diberikan berupa;

1. Satu sumpit yang isinya ( satu sisir  pisang, cimpa, gula, tualah serta dagangen)
2. Kalau untuk penggualnya diberikan oleh perkulcapi sedikit sedikit isi sumpit tadi,

V. Alat musik tiup

1. Sarune

Sarune adalah alat musik tiup yaitu untuk menghasilkan nada atau suara  diproleh dengan cara meniupnya.   Alat musik ini mempunyai lobang nada delapan buah, dan mempunyai nada lebih dari satu oktav.   Mempunyai tangga nada mayor dan minor
Alat musik ini biasanya dimainkan secara berkelompok musik yaitu tergabung dalam ansamble musik  Gendang telusedalanaen lima sada perarih. Sarune dalam klompok musik ini berperan sebagai  pembawa melodi lagu.  Sarune  boleh dimainkan lagu lagu bertempo lambat maupun cepat.

2. Surdam
Jenis musik  surdam mempunyai beberapa jenis yang ada pada masyarakat Karo yaitu:
A  Surdam puntung
B   Surdam rumamis
C   Surdam tangko kuda

A. Surdam  Puntung

Surdam puntung terbuat dari satu ruas bambu yang di ukir, dan mempunyai lobang nada berjumlah enam buah .  mempunyai tangga nada mayor dan minor.  Surdam ini biasanya dipakai seorang secara solo, pada malam hari oleh anak lajang ketika mau menjenguk pacarnya.  Juga dipakai oleh pengembala sapi  pada waktu mengembala sapinya, dan dapat dimainkan dengan ansambel musik gendang keteng keteng .

B. Surdam rumamis

Surdam  rumamis ternuat dari seruas bambu yang ukurannya kira2 sebesar ibu jari tangan dan panjangnya satu hasta.  Surdam rumamis mempunyai lima buah lobang nada ditambah satu lubang tuldak yang berbentuk segi tiga. Hanya mempunyai tangga nada minor, dan hanya dapatr memainkan lagu tangis2 guru saja.  Alat musik ini dimainkan hanya solo tidak ada group musi ini Seperti gambar di bawah ini

C. Surdam tangko kuda

Surdam ini terbuat dari bambu yang ukuran ruasnya kira2  90 cm dan mempunyai lobang nada  lima buah ,  dan satu buah lobang nada dari lima buah tadi dimainkan dengan ibujari kaki kiri.  Lagu yang di mainkan hanya lagu tangis tangis saja, Dari namanya, ada kisah cerita sedikit.  Menjelang pagi ada seseorang yang ingin mencuri seekor kuda, karena mendengfar lagu2 yang di lantunkan oleh seorang penurdam ,  sakin enaknya rasa pencuri ini tadi dia merasa terharu,  sehingga hari sudah terang , kuda pun tidak jadi di curi.  Alat musik ini hanya dapat dimainkan solo, tidak pernah ada  klompok musiknya. 

3 Balobat

Balobat adalah alat musik sejenis recorder,  terbuat dari seruas pucuk bambu berukuran sejengkal jari tangan .  Alat mudik ini biasa di mainkan solo dan bisa juga dengan ansamble musik keteng keteng.  Mempunyai tangga nada lagu minor maupun mayor , mempunyai lobang nada  ada enam buah.

4. Pingko pingko

Alat musik pingko2 terbuat dari satu ruas pucuk bambu besar dan dibentuk seperti balobat , hanya lebih panjang dan mempunyai lobang nada hanya lima.  Dan hanya mempunyai tangga nada minor saja. Lagu lagu yang di mainka hanya tangis2 saja.  Alat musik ini dimainkan oleh pengembala sapi pada saat siang hari .

5. Embal embal

 Embal embal adalah alat musik yang terrbuat dari batang padi. Alat musik ini biasanya dibuat oleh orang tua untuk bermain2 ketika panen tiba. Alat musik embal embal diciptakan tidak mempunyai ukuran lobang , hanya di buat buat saja, dan tidak dapat memainkan lagu2 karena tidak ada tangga nada.... yang memainkannya hanya anak2.

VI. Alat musik yang di pukul

1. Keteng keteng

Keteng keteng adalah alat musik yang terbuat dari satu ruas bambu yang ukuran diameter bambunya kira 22cm hingga 24cm dan panjangnya kira kira 80cm hingga 95 cm.  Instrument musik keteng keteng , mempunyai tali senar yang di congkel dari badan bambu itu sendiri. Jumlah tali senar yang di congkel ada 2 dan di berikan lobang nada gung di tengah bambu tersebut.

2. Mangkok

Alat musik mangkok  terbuat dari batu( kramik) yang dalam ansamble musik keteng keteng berfungsi untuk menguatkan suara penganak didalam keteng keteng hanya itu,

3   Gung   

Alat musik Gung terbuat dari perunggu , alat musik ini dimainkan dalam ansambel musik Gendang telu sedalanaen  lima sada perarih berfungsi untuk mengakhiri satu buah frase lagu atau menentukan birama satu lagu.

4  Penganak

 Penganak terbuat dari lembaran kuningan yang di bentuk seperti gung hanya ukurannya jauh lebih kecil dari gung. Fungsinya dalam ansamble musik adalah mengakhiri satu tanda ritmis dalam lagu .

5    Gendang.

Gendang terbuat dari kayu yang dibentuk dan mempunyai lobang pada sisi atas ,bawah kayu, dan lobang tersebut di tutup dengan kulit napuh( sejenis kancil), dan di regang dengan kulit  lembu yang sudah di bentuk.  Gendang berfungsi sebagai pengiring melodi jadi dia hanya membuat satu siklus ritmik.  Dalam ansamble musik gendang telu sedalanen lima sada perarih  ada  dua genang dipakai disana yaitu ; gendang anak dan gendang indung. Pemukul atau stik yang dibentuk dari akar jeruk purut.  Dua buah pemukul yang sama besar untuk gendang anak dan dua buah yang tidak sama besar untuk gendang indung. Untuk gendang anak ada lagi di tambah satu buah gendang garantung namany di letakkan di badan gendang anak . Tugas gendang anak memberikan ritmik dasar pada permainan lagu dan kesetabilan lagu agar jangan lambat dan jangan terlalu cepat , diatur semuanya oleh gendang anak.   Sedangkan Gendang indung  berusaha sebanyak mungkin pukulan untuk memberikan bunga bunga pukulan ( improvisasi).

6   Gendang Pendua duai

Alat musik gendang pendua duai ini terbuat dari seruas bambu dan mempunyai bilah2 yang terbuat dari badan bambu itu sendiri. Gendang ini di gunakan oleh orang yangf menjaga tanamannya di ladang supaya jangan dimakan binatang penggangu seperti;    babi hutan, dan di mainkan alat musik ini sebagai pengiring nyanyian .

VII    Kulcapi

Alat musik kulcapi terbuat dari kayu yang di bentuk, dan mempunyai  dua buah senar yang sama bentuk.  Alat musik ini biasanya dipergunakan sebagai pembawa melodi dalam ansamble musik.  Mempunyai tangga nada lagu minor dan mayor, serta mempunyai nada lebih dari satu oktaf.   Sering di mainkan dalam ansamble musik gendang telu sedalanen lima sada perarih dan juga dengan ansamble musik keteng keteng .

Murdap
Alat musik Murdab adalah seperti bermain biola tapi murdab di letakkan di depan pemain yang duduk bersila. Bertangga - nada mayor dan minor . Alat musik ini terbuat dari ; separoh batok kelapa ( tempurung) yang besar sehingga lobang batok kelapa di tutup dengan kulit kambing.

Tali bengkuang
Alat musik ini terbuat dari  satu buah pelepah pinang  dan bengkuang( yang di jadikan tikar), kemudian di korek tanah sebagai lobang resonatornya supaya menderu seperti suara kodok,.  Dulunya dipakai pada acara  NDILO WARI UDAN, dimainkan musik tali bengkuang secara bergantian  sehingga seolah olang kita mendengar suara kodok yang banyak.

Dokumentasi:

Penggual Tradisional Karo tempo dulu

Murdap Karo

secara berurutan dari kiri ke kanan: Keteng - Keteng, Sarune, Baluat/Belobat, Surdam, Gendang Indung, Gendang Anak, Kulcapi

Ensembel 3 sedalanen: Keteng - keteng, Mangkuk dan Baluat/belobat

Ricky N Tarigan dengan Gendang Indung

Adu Instrumentasi Jimmy Sebayang (kulcapi) dengan Theo Tarigan (sarune)




Penjelasan mengenai alat - alat musik tradisional Karo diatas dijelaskan secara mendetail oleh salah seorang Maestro Musik Karo yaitu Bapak Bangun Tarigan, yang diwawancarai oleh tim dari Pande Surdam (tim yang memiliki keahlian dalam membuat alat musik tiup Surdam dan menerima orderan Surdam secara rutin)...
Artikel aslinya dapat dijumpai di:

Special Thanks:
1. Pande Surdam (atas izinnya mengupload artikel tersebut ke dalam blog)
2. Bapak Bangun Tarigan (sebagai pemilik asli artikel tersebut)
3. Abaang Jimmy Sebayang sebagai calon Perkulcapi top Karo
4. Theo Samudera Tarigan sebagai calon maestro musik Karo masa depan
5. Ricky Nelson Tarigan sebagai Ketengirs asli Tiga Baru Kabanjahe, pemusik dari ISI Yogyakarta
6. Endi Bastanta Sinuraya untuk diskusi - diskusi pelestarian adatnya :D
7. Hanna Seprina Meliala sebagai teman di saat mengedit artikel 20062012
8. Dokumentasi alat musik Karo milik Gallery Mejuah - Juah Medan

2 komentar:

  1. apai gambar gendang indung ras gendang anak ena si mejile gambarna

    BalasHapus
  2. ku buat sada fotondu ya pal.....

    BalasHapus